Selasa, 08 Desember 2015

Tugas Softskill 3 : Analisa SWOT pada Diri Sendiri dan Web Bisnis

Nama : Ni Luh Putu Nita Ayuanita
NPM : 55412293
Kelas : 4IA23
Dosen : Dr. Rina Noviana, SKom,. MMSI
Mata Kuliah : Pengantar Bisnis Informatika


ANALISA SWOT
( Strengths, Weakness, Opportunities, Threats )

Analisa SWOT merupakan salah satu metode untuk menggambarkan kondisi dan mengevaluasi suatu masalah, proyek atau konsep bisnis yang berdasarkan faktor internal (Strengths, Weakness) dan faktor eksternal (Opportunities dan Threats). Metode ini paling sering digunakan dalam metode evaluasi bisnis untuk mencari strategi yang akan dilakukan.

TUJUAN ANALISA
Untuk memberikan gambaran hasil analisa keunggulan, kelemahan, peluang dan ancaman perusahaan secara menyeluruh yang digunakan sebagai dasar atau landasan penyusunan objective dan strategi perusahaan dalam corporate planning.

Analisa SWOT terdiri dari empat faktor, yaitu:
  1. Strengths (kekuatan)
  2. Strengths mencerminkan kelebihan-kelebihan yang kita miliki. Kita perlu mendata apa saja kelebihan-kelebihan yang kita miliki dalam melakukan bisnis. Misalnya, mempunyai perusahaan, mempunyai patent, memiliki produk yang bagus,memiliki team kerja yang kompak dan sebagainya.
  3. Weakness (kelemahan)
  4. Weaknesses merupakan kelemahan-kelemahan yang dimiliki perusahaan. Misalnya, administrasi yang kurang baik, standar kerja yang tidak jelas, perusahaan kurang dikenal dan sebagainya.
  5. Opportunities (peluang)
  6. Opportunity adalah peluang-peluang yang ada yang bisa memberikan keuntungan bisnis. Misalnya, setiap perusahaan membutuhkan brosur produk atau jasa.
  7. Threats (ancaman)
  8. Threats adalah ancaman-ancaman yang mungkin terjadi yang mengancam bisnis kita. Misalnya, pesaing banting harga, aturan baru yang mengurangi keuntungan perusahaan dan lain-lain
Keempat faktor analisa SWOT tersebut tidak hanya terdapat pada proses bisnis saja, tetapi bisa juga terdapat pada diri kita sendiri. Dan pada tugas kali ini, penulis akan membahas analisa SWOT pada diri penulis. Dalam hasil analisa ini, penulis tidak bermaksud sombong atau pesimis, tapi hanya berusaha untuk introspeksi diri dan optimis.
Berikut merupakan empat faktor analisa SWOT pada diri penulis :

Analisa SWOT pad Diri Sendiri
Strengths (kekuatan)
Weakness (kelemahan)
o   Tegas
o   Pekerja Keras
o   Bisa beladiri
o   Tepat waktu (tidak bisa telat)

o   Kurang percaya diri dalam mencoba hal baru
o   Sulit menjelaskan suatu cerita
o   Pelupa

Opportunities (peluang)
Threats (ancaman)
o   Memiliki harapan yang tinggi.
o   Menjadi seorang asisten lab di lab teknik informatika, dapat melatih saya dalam berkomunikasi dan mengembangkan ilmu.
o   Pernah belajar beladiri, jadi dapat melindungi diri sendiri dan orang lain.

o   Mudah tidak enakan dengan orang lain yang terkadang niatnya membantu, tetapi malah jadi merugikan diri sendiri.
o   Kurang modis, jadi selalu kalah dengan teman wanita yang lain

Dan analisa SWOT untuk web bisnis, pertama saya akan membahas mengenai website e-commerce fashion “ZALORA Indonesia”..
Toko online ZALORA Indonesia adalah pusat belanja fashion online terbesar di Indonesia yang dapat menjawab kebutuhan fashion pria dan fashion wanita dengan menawarkan brand-brand terkemuka, baik lokal maupun internasional. Zalora menyediakan produk-produk yang selalu mengikuti trend fashion terbaru yang memberikan banyak pilihan untuk menyempurnakan penampilan Anda. ZALORA Indonesia juga memberikan pilihan harga yang fleksibel.
ZALORA Indonesia merupakan bagian dari ZALORA Group, yang didirikan pada akhir 2011 oleh Rocket Internet GmbH, yang mencakup Grup retail fashion online terkemuka di Asia Pasifik The Iconic di Australia dan Selandia Baru.
Dan berikut merupakan analisa SWOT pada ZALORA :

Analisa SWOT pada website ZALORA
Strengths (kekuatan)
Weakness (kelemahan)
·         Zalora menyuguhkan tampilan website yang menarik.
·         Pelanggan Zalora dapat menikmati kemudahan 30 hari gratis pengembalian, Pengiriman Gratis*, Pengiriman Tercepat selama 1-3 hari kerja dan beberapa metode pembayaran termasuk COD (Cash On Delivery).
·         Zalora juga menyediakan barang-barang dengan brand-brand ternama untuk kebutuhan fashion pelanggan.
·         Zalora Inodnesia sebagai online fashion destinasi terbesar di Asia Tenggara, baru-baru ini pertama kalinya Zalora Grup meluncurkan program beasiswa.
·         Zalora Indonesia merupakan bagian dari zalora Group, yang didirikan pada akhir 2011 oleh Rocket Internet GmbH, dimana Rocket Internet GmBH adalah inkubator startup online terbesar di dunia.
·         Terkadang masih banyak orang yang tidak percaya dengan sistem belanja online.
·         Masih banyak pula pelanggan yang kurang puas dengan pelayanan Zalora yang agak telat, dan mengirimkan barang yang kurang sesuai dengan di tampilkan di website.
·         Terkadang loading website lama dan berat, karena terlalu banyak gambar.
Opportunities (peluang)
Threats (ancaman)
·         Dengan adanya “The ZALORA Scholarship”, akan mengarahkan passion ke tingkat professional.
·         Zalora semakin berkembang dengan adanya sistem-sistem kerja baru yang diterapkan.
·         Zalora juga banyak menghasilkan produk-produk baru yang pastinya akan diminati oleh pelanggan.
·         Zalora mampu bersaing dengan perusahaan online lainnya, dengan keputusan untuk membangun pusat teknologi di Singapura di dasarkan pada suber daya manusia, universitas yang unggul dengan lulusan ilmu komputer yang tersebar di negara tersebut.
·         Zalora akan menembus pangsa pasar..

·         Banyaknya persaingan harga dan kualitas dengan perusahaan online lainnya.
·         Persaingan secara global yang sangat besar.
·         Tidak adanya jaminan bahwa transaksi e-commerce terbebas dari upaya pemanipulasian data dan tentu ini merupakan ancaman bagi toko online yang didirikan oleh Rocket Internet GmbH ini.


Website e-commerce fashion yang kedua, saya akan membahas mengenai “BerryBenka” .
Berrybenka.com adalah situs belanja online fashion dan kecantikan ternama di Indonesia. Berrybenka menjual lebih dari 1000 merek lokal dan internasional, termasuk produk in-house label. Berrybenka menawarkan kombinasi produk fashion dan kecantikan terkini untuk setiap gaya personal yang beragam. Berrybenka menyediakan produk berkualitas terbaik untuk wanita dan pria, bervariasi dari pakaian, aksesori, sepatu, tas, produk olahraga dan kecantikan.
Komitmen Berrybenka adalah memberikan pengalaman belanja online yang menyenangkan, mudah, dan terpercaya untuk memuaskan pelanggan dengan koleksi baru dan penawaran spesial setiap harinya, serta beragam keuntungan seperti kemudahan pengembalian produk hingga 30 hari setelah barang diterima, layanan bayar di tempat dan pengiriman gratis.
Dan berikut merupakan analisa SWOT pada BerryBenka :


Analisa SWOT pada website BERRYBENKA
Strengths (kekuatan)
Weakness (kelemahan)
·         BerryBenka menyediakan program eksklusif  “Loyalty Program”, dimana setiap pelanggan akan mendapatkan poin setiap kali berbelanja di Berrybenka.
·         Tampilan dari BerryBenka menarik
·         Masih banyak pula pelanggan yang kurang puas dengan pelayanan BerryBenka yang mengirimkan barang yang kurang sesuai dengan di tampilkan di website.
·         Voucher Newsletter dari Berrybenka hanya Rp 50.000
Opportunities (peluang)
Threats (ancaman)
·         Program Loyalty dapat membuat pelanggan penukarkan poin dengan barang yang diinginkan.
·         ZaloraBerryBenka bisa bersaing dengan e-commerce lainnya

·         Banyaknya persaingan harga, kualitas dan kepercayaan dengan perusahaan online lainnya.


 Website e-commerce fashion yang kedua, saya akan membahas mengenai “8Wood” .


8WOOD merupakan toko online atau online shop baju wanita terbaru dan pusat fashion online dari Indonesia dengan gaya yang mengikuti tren fashion dunia. Kami menyediakan berbagai macam produk fashion wanita terkini yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Koleksi pakaian yang kami tawarkan mulai dari baju, dress, atasan, kemeja, celana, jeans, denim, rok, blazer, sweater, jaket, cardigan, tas, sepatu, flat shoes, heels, wedges, boots, sandal, aksesoris, kalung, gelang, cincin, kacamata, parfum, make up, pakaian renang dan bikini.
Dan berikut merupakan analisa SWOT pada 8Wood : 

Analisa SWOT pada website 8WOOD
Strengths (kekuatan)
Weakness (kelemahan)
·         Startupyang didirikan oleh selebriti Alice Norin ini memiliki tim stylish yang bertanggung jawab untuk memilih dan mencocokkan produk yang tepat guna menarik perhatian pengunjung.
·         Tampilan dari 8Wood simple, tetapi menarik
·         8Wood hanya berfokus menyediakan produk fashion wanita.
·         Loading website lama dan berat
·         Belum terlalu banyak orang yang tahu adanya 8Wood
Opportunities (peluang)
Threats (ancaman)
·         Harga yang lebih terjangkau, akan lebih menarik pelanggan untuk membeli.

·         Kurangnya sistem pemasaran, akan membuat 8Wood kalah saing dengan e-commerce lainnya

Sumber :

0 comments:

Posting Komentar

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com