Kamis, 22 November 2012

Kemiskinan dan Pemukiman Kumuh di Indonesia

Masalah kependudukan yang akan saya bahas adalah mengenai kemiskinan dan pemukiman kumuh yang terjadi di Indonesia.
Di Indonesia, masalah yang mengenai pemukiman kumuh itu sudah bukan hal yang biasa. Apalagi di kota Jakarta yang rentan sekali terhadap tempat-tempat yang banyak gedung tinggi.

Kota pada awalnya berupa permukiman dengan skala kecil, kemudian mengalami perkembangan sebagai akibat dari pertumbuhan penduduk, perubahan sosial ekonomi, dan budaya serta interaksinya dengan kota-kota lain dan daerah sekitarnya. Namun yang terjadi dengan kota-kota di Indonesia adalah bahwa pertumbuhan penduduk tidak diimbangi dengan pembangunan sarana dan prasarana kota dan peningkatan pelayanan perkotaan. Bahkan yang terjadi justru sebagai kawasan perkotaan mengalami kemunduran terhadap lingkungan yang berpotensi menciptakan permukiman kumuh. Akibatnya, muncul permukiman kumuh di beberapa wilayah kota yang merupakan hal yang tidak dapat dihindari.



Kawasan yang sesungguhnya tidak diperuntukkan sebagai daerah pemukiman di banyak kota besar, oleh penduduk miskin yang berpenghasilan rendah dan tidak tetap diokupasi untuk dijadikan tempat tinggal, seperti bantaran sungai, di pinggir rel kereta api, tanah-tanah kosong di sekitar pabrik atau pusat kota, dan di bawah jembatan.

Beberapa penyebab munculnya pemukiman kumuh adalah sebagai berikut :
1. Kemiskinan
2. Urbanisasi dan migrasi yang tinggi terutama bagi kelompok masyarakat berpenghasilan rendah,
3. Sulit mencari pekerjaan,
4. Sulitnya mencicil atau menyewa rumah,
5. Rendahnya disiplin warga pada peraturan,
6. Semakin sempitnya lahan permukiman dan tingginya harga tanah.

Seperti yang telah dibahas di atas, kemiskinan merupakan salah satu penyebab timbulnya pemukiman kumuh di kawasan perkotaan. Pada dasarnya kemiskinan dapat ditanggulangi dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang tinggi, dan peningkatan lapangan pekerjaan. Peningkatan pelayanan dasar ini dapat diwujudkan dengan peningkatan air bersih, penyediaan serta usaha perbaikan perumahan dan lingkungan pemukiman pada umumnya.

Indonesia akan lebih indah apabila semua masalah tentang kemiskinan dan pemukiman
kumuh ini dapat di atasi oleh pemerintah, warga yang bersangkutan dan kita sendiri.
Kalau bukan dari kita sendiri yang berinisiatif untuk semua itu, lalu siapa lagi ??

0 comments:

Posting Komentar

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com